Rikaichan [add-ons kamus Japan/Nihongo]

Adakalanya saat surfing di internet, membuka website berbahasa jepang dapat menjadi momok tersendiri. Banyaknya huruf jepang yang berupa kanji dapat menyurutkan niat kita untuk membacanya. Namun itu berbeda jika huruf yang ditampilkan hanya sekedar hiragana atau katakana saja yang hanya berjumlah sedikit, atau bahkan hanya huruf romaji, kita tentunya masih dapat membacanya. Jadi yang sebenarnya menjadi masalah hanyalah huruf kanji saja, maklum huruf kanji berjumlah ribuan huruf, dan semuanya berbeda antara satu huruf dengan huruf yang lain.

Namun kita tak perlu khawatir lagi jika menemui website dengan huruf kanji bertebaran didalamnya. Saat ini, browser Mozilla Firefox telah mempunyai extension [add-ons] bernama Rikaichan. Dengan Rikaichan kita tak perlu lagi bersusah payah bolak-balik meng-copy paste untuk mencari arti kanji di aplikasi kamus terpisah seperti Wakan.

Prosedur penggunaan:
1. Download add-ons Rikaichan di Polarcloud.com
2. Drag add-ons tersebut ke kotak add-ons Mozilla Firefox dengan cara buka Tools > Add-ons. Restart Firefox
3. Tekan kombinasi tombol Alt + Ins untuk mengaktifkan Rikaichan. Jika dengan cara ini tidak berhasil, bisa melalui menu Tools > Rikaichan.
4. Pemakaiannya, arahkan pointer mouse ke huruf kanji yang tidak dimengerti, otomatis Rikaichan akan muncul dengan sendirinya.

Spesifikasi minimal: Firefox 2.0+ or Thunderbird 2.0+.

Versi terakhir yang udah aq download:
Main extension versi 1.04 | mirror
Database kamus [tapi hanya bisa install salah satu aja]:
- Japanese-English Dictionary
- Japanese-German Dictionary
- Japanese-French Dictionary
- Japanese-Russian Dictionary
Kamus nama 1.06

1 ocehan yg masuk:

あきな said...

betul banget ^^, arigatou ne, dah dikasih link yg berbahasa inggris ^^